Selasa, 23 Juni 2015

Salah Jurusan Bukan Akhir dari Segalanya

Memilih jurusan memang bukan hal mudah. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang. Misalnya apa minat dan bakat kamu, bagaimana prospek lapangan kerja, hingga biaya kuliah dan biaya hidup nantinya. Umumnya dalam memilih jurusan, apa yang akan dipelajari disesuaikan dengan pekerjaan yang diinginkan di masa mendatang.

Ada analogi yang menyebutkan memilih jurusan kuliah mirip memilih angkot. Salah jurusan, bisa repot ke depannya. Selain buang waktu untuk putar balik, ongkosnya jadi berlipat-lipat. Namun, salah jurusan tidak selalu mengantarkan kamu dalam kegagalan. Selama bisa menyikapi dan berdamai dengan keadaan, kamu tetap bisa survive meski apa yang dipelajari semasa kuliah tidak berhubungan dengan pekerjaan kamu.

Beberapa tokoh terkenal ini bisa jadi salah jurusan, tapi mereka sukses dengan karier masing-masing. Siapa saja mereka?

Ir Soekarno
Siapa yang tidak kenal Ir Soekarno? Presiden pertama Indonesia ini berlatar belakang pendidikan Teknik Sipil di Technische Hoge School (sekarang ITB). Sejak usia 14 tahun, Soekarno sudah akrab dengan tokoh-tokoh besar Indoensia, seperti Tjokroaminoto. Ia juga aktif dalam organisasi Jong Java (Pemuda Jawa) dan masih banyak lagi keterlibatannya dalam politik hingga mengantarkanya menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

James Cameron
Penggemar film pasti tahu James Cameron. Yup, sutradara yang menggarap film Titanic (1997) dan Avatar (2009) bisa jadi salah jurusan. Ia kuliah juruan Psikologi tetapi justru berkarier di dunia film. Selama kuliah, Cameron lebih suka membaca buku mengenai industri film dibandingkan bidang yang ia pelajari. Meski tidak mendapatkan ijazah Sarjana Psikologi, ia berhasil memiliki karier yang sukses.

Najwa Shihab
Salah satu tokoh sukses perempuan di bidang jurnalistik adalah Najwa Shihab. Meski tidak mendalami ilmu jurnalistik, kariernya sebagai salah satu presenter berita terbilang sukses. Melalui program televisi yang dipandunya, presenter lulusan Hukum ini sudah mewawancarai berbagai tokoh penting dari berbagai kalangan, salah satunya Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono. Ia juga telah mendapatkan berbagai macam penghargaan selama perjalanan kariernya sebagai seorang jurnalis, satu di antaranya Young Global Leader Award.


Dari beberapa tokoh di atas, kita bisa melihat salah jurusan tidak selamanya mengarahkan pada kegagalan dalam berkarier. Ternyata, passion mereka dalam bekerja ditemukan ketika mereka melakukan kegiatan lain di luar perkuliahan.

0 komentar:

Posting Komentar