Selasa, 23 Juni 2015

Kisah Sebutir Beras


Video dokumenter bertajuk “Hero” yang menyorot sektor pertanian Indonesia menjadi salah satu peserta kompetisi video pendek internasional YouFarm. Kompetisi video pendek terkait isu pertanian pertama ini diselenggarakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pertanian, bekerja sama dengan Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO).

Video berdurasi dua menit 35 detik tersebut merupakan buah karya Febri Aditya dan Dendy Primanandi bersama petani asal Sragen bernama Joko. Febri yang merupakan lulusan Teknik Mesin dan Biosistem IPB berpendapat bahwa isu krisis pangan sudah semakin nyata.

Kompetisi ini menurutnya menjadi salah satu cara supaya masyarakat dunia lebih melek terhadap pertanian. “Pertanian itu fundamental,” tegasnya.

Video tersebut telah diunggah ke portal resmi YouFarm. Bersama video dari peserta lainnya, “Hero” akan menjalani penjurian hingga akhir Juni ini. Pihak penyelenggara akan memilih video terbaik dengan kriteria penilaian berdasarkan suara  terbanyak serta penyampaian nilai dari tema yang digarap.

Dalam video “Hero”, penonton diajak untuk melihat langsung proses perjalanan sebutir beras mulai dari petak sawah sampai disajikan di piring makan secara kreatif. Dengan melihat betapa besar perjuangan dan banyaknya peluh untuk menghasilkan sebutir beras tersebut, harapannya masyarakat dunia dan Indonesia khususnya menjadi lebih peduli. Salah satunya dengan menghilangkan kebiasaan menyisakan nasi setelah makan.


“Kompetisi ini terbuka untuk semua petani di dunia. Kami hanya membantu Pak Joko, seorang petani di daerah Sragen untuk bisa menjadi delegasi Indonesia ke mancanegara,” ungkap Pepi. Petani yang videonya terpilih berkesempatan mengikuti workshop serta mengunjungi beberapa negara dengan pertanian maju di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar