Rabu, 24 Juni 2015

Gadget multi fungsi (cocok untuk anak kost)


Hari ini saya mau share pengalaman saya mengenai gadget (perangkat elektronik) yang menurut saya sangat dibutuhkan bagi anak kampus.  Belum lama ini saya merasakan begitu bermanfaat bagi saya selaku anak kost dan anak kuliahan.

Kebutuhan anak kuliah yang jelas flashdisk untuk menyimpan materi dan data-data, modem untuk surfing mencari bahan tugas. Kebutuhan anak kost paling banyak adalah yang bersifat hiburan seperti, music, tv, radio, game dan lain-lain. Untuk semua hal diatas dari pengalaman saya, cukup dengan satu gadget saja cukup. Yup, dengan Handphone atau smartphone.

Tapi tidak semua nya memiliki semua fungsi tersebut. Dari kebanyakan Hp bermerk, kebanyakan hanya memiliki sebagian dari hal tersebut. Justru setelah saya coba-coba, produk handphone china sekarang malah lebih fungsional dan mencangkup berbagai fungsi diatas dibandingkan yang bermerk, disamping harga murah.

Keuntungan HP china adalah :

1. Harga murah

2. Kebanyakan berbasis java sehingga jarang terkena virus ( tidak perlu flash)

3. Ada TV, Mp3 player, Radio sebagai hiburan

4. Bisa digunakan sebagai modem

5. Hanya modal kabel data, colok ke komputer langsung charge + jadi flashdisk + webcam jika perlu.

Untuk kekurangan mungkin juga banyak, tapi wajar dengan harga yang relatif murah. Mungkin banyak orang mengatakan produk china itu gampang rusak atau tidak awet. Menurut saya tidak juga, Hp china bisa awet asal pemakaiannya normal (tidak hardcore).  Saya mulai memakai Hp china sejak saya lulus SMA dan sampai sekarang masih memakainya. Pernah saya kangen ingin memakai produk bermerk lagi, namun setelah saya membeli produk bermerk, justru saya malah kecewa. Fungsi-fungsi dari produk tersebut tidak sebanding dengan produk china. Harus beli kabel data lagi kalau mau sambung ke laptop (Hp china kabel data bawaan), setelah colok harus ada aplikasi tambahan untuk mass storage. Rasanya seperti kebebasan saya direnggut.

Saya bukannya melebih-lebihkan produk china, Kalau suruh pilih tentu saya pilih produk bermerk seperti iPhone atau iPad :-D . Namun sebagai mahasiswa, saya mengedepankan fungsi dan menghemat biaya, menurut saya Hp china lebih cocok. Well harganya menurut saya murah, jika mau menabung dalam 2 bulan mahasiswa mampu membelinya.

Tapi Hp china juga bukan sembarangan. Jangan cuma asal HP china. Menurut saya Hp china lebih terpercaya di kondisi second karena telah teruji di tangan pertama, selain harganya juga jauh lebih murah. Jika kalian berminat membeli, kalian bisa cari indo nya di toko online seperti tokobagus (sekarang OLX) atau berniaga. Sebelumnya pastikan fungsi apa yang kalian inginkan. Jika sudah, cari barang kondisi second dan no minus, dan cari yang murah (kalau bisa nawar). Kebanyakan di merk dan seri yang sama, harganya pun relatif sama. Jika terlampau murah dibanding yang lain, besar kemungkinan ada minus, jadi hati-hatilah. Jika murah karena no dusbook (batangan) it’s ok. Mengapa? Karena Hp china di kondisi second, dengan dusbook atu tanpa dusbook harga jual kembalinya sama saja. Toh kalian juga orangnya pada kreatif,  enggak ada yang beli hp terus yang dipegang pertama buku panduan, pasti langsung otak-atik sendiri HP nya. Dan lagi di saat COD (ketemuan) pastikan kondisi dan fitur-fitur yg anda inginkan ada dan dalam keadaan normal seperti yang penjual diskripsikan di iklan. Satu hal lagi, jika kalian menginginkan fitur TV, pilihlah yang berlayar lebar (biasanya touchscreen) untuk mengurangi resiko mata minus.

Karena Hp china relatif murah, kalian bisa menjadikannya sebagai HP kedua (setelah HP bermerk anda). Hp china hanya untuk fungsi-fungsinya, sedangkan Hp bermerk untuk bergaya ala muda :-D.


Itulah sedikit banyak tips untuk kalian yang ingin menghemat biaya melalui Gadget multi fungsi. Dengan Gadget tersebut anda bisa menghemat biaya untuk beli TV, menghemat biaya ke warnet ( bisa modem), hemat biaya beli flashdisk, cukup microSD, dan mungkin masih banyak lagi manfaatnya.

0 komentar:

Posting Komentar