Kamis, 16 April 2015

Ujian Tengah Semester Jurnalistik Online
1.    The end of fortress journalism dan kaitannya dengan jurnalistik online.
The end of fortress journalism menurut  saya yaitu sesuai dengan arti dari The End Of fortress yang merupakan akhir dari benteng jurnalistik yaitu pada zaman dahulu jurnalistik sangat di dominasi oleh media cetak cetak tetapi setelah munculnya media online media cetak telah jatuh dimana di zaman sekarang telah di dominasi oleh media online. Dengan munculny jurnalistik online yang semakinmarak di dan di minati oleh masyarakat telah membuat kemajuan pesat dalam media online serta jurnalistik online juga menjadi sasaran untuk semua kalangan karena dengan kemoderennya dan mudah untuk diakses.

2.    Konvergensi Media berpengaruh pada kerja jurnalis.
Dengan hadirnya konvergensi media telah membuat banyak kemajuan teknologi di media, selain itu konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk-bentuk baru media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial, dan tidak hanya kepada konsumen lain, tetapi untuk para produsen perusahaan media. Maka dari itu konvergensi media sangat banyak membatu para jurnalis dalam mencari dan menyajikan media.

3.    Manfaat trending topic Twitter, Facebook, dan  sumber online lainnya bagi seorang   jurnalis.
Tentu jelas sangat membantu karena trending topic pada media online, sangat di butuhkan bagi seorang jurnalis demi untuk mendapatkan sumber dan informasi berita yang mereka akan tulis. Maka dari itu seorang jurnalis tidak bisa terpisahkan dari hal tersebut serta demi mudahkan seorang jurnalis untuk mencari berita. Karena trannding topic dalam twitter dan facebook mempuyai banyak informasi yang lagi panas untuk di berikan hal tersebut dapat di katakana juga sebagai citizen jurnalish karena pengguna jejaring sosial bebas untuk mengupdate informasi tentang dirinya.

4.    Citizen Journalism dengan pendekatan medium is the message.
Di zazman sekarang ini lagi maraknya yang namanya citizen journalis karena setiap orang berhak menjadi citizen journalis. Dalam pendeakatan medium is the massege dikatakn sebagai citizen jounalis sebagai era baru media. Yaitu dimana sekarang media telah menjadi panutan masyarakat dalam kehidupannya sehari karena tampa media masyarakat tidak akan tau hal apa yang terjadi di dearah sekitarnya dan sekarang pun masyarakat telah berketergantungan pada media. Hadirnya citizen journalism menandakan bahwa era media massa sangat berkembang dan berpengaruh. Pada Pandangan lain Mcluhan mnegenai Medium is the Message adalah bahkan ketika media mempengaruhi kehidupan masyarakat, media juga dipengaruhi serta dibentuk oleh masyarakat, seperti halnya seorang jurnalisme warga yang hadir untuk menjadi sarana media massa.



0 komentar:

Posting Komentar