Sabtu, 11 April 2015

Tugas Jurnalistik online
Nama                    : Erik Henriawan
Nim                       : 31001200151
Tugas                    : 3
1.      A. Viva News
·         Content :  Menurut saya viva news sudah mengikuti system penulisan web dengan baik. Karena sumua jenis berita yang di unggah ke situsnya sudah singkat, padat dan jelas serta mengunakan lead beritanya dengan baik dan benar. Seperti yang saya lihat berita yang di muat di Viva News penulisannya sangat singkat dan mudah di mengerti, sehingga menyebabkan orang menjadi ingin membacanya
·         Functionality: Viva News sangat mudah digunakan karena mudah diingat serta viva news juga sering melakukan postingan di media sosial sehingga sering di lihat oleh pengguna media sosial
·         Navigation: menurut saya sangat mudah cukup mudah karena Viva News setiap mengupdate berita selalu melakukan postingan di sosial media dengan satu kali klik berita yang di posting maka beritanya sudah terbuka.
·         Audio/Video Quality: Viva news juga video beritanya itu sangat berfaat bagi orang telah membaca beritanya dan ingin melihat secara langsung berita tersebut melalui video yang dimuat, serta sangat bermamfaat sekali dalam pemberitaan.
·         Interactivity: Viva News melakukan interaksi dengan para pembacanya yaitu viva news telah menyediakan rubic komentar serta rubic Tanya jawab untuk pembacanya. Bagi yang pembaca yang belum puas oleh berita yang telah di sajikan oleh viva news, demi menjalin kedekatan dengan para pembacanya Viva news juga menyediakan pembaca untuk bisa berkomentar di media sosial seperti, facebook dan twitter.itulah yang dilakukan oleh Viva News untuk menjalin komunikasi dengan para pembacanya.


B. Tribun Jateng.com :
·         Content: Berita yang dimuat oleh tribun news tidak sesuai dengan criteria penulisan di Web. Karena berita yang dimuat oleh tribun news penulisannya sangatlah panjang tetapi telah menggunakan lead yang tepat.
·         Functionality: situs wewb tribun news sangatlah mudah digunaka serta sangat mudah untuk di akses
·         Navigation: untuk menemukan konten di tribun news ini sangatlah mudah karena webnya sangatlah simple dan mudah untuk di mengerti.
·         Audio/Video Quality: tribun news juga menyediakan konten video tetapi tidak menyediakan konten audio. Konten video ini sangatlah bermamfaat bagi situs web berita karena bagi orang yang malas membaca dapat melihat secara langsung video berita tersebut.
·         Interactivity: tidak lupa juga tribun news menyediakan rubic komentar serta rubic Tanya jawab untuk para pembacannya agar dapat secara langsung menilai berita yang dimuat oleh tribun news.
C. Detik.com
·         Content: detik.com telah melakukan penulisan beritanya sesuia dengan aturan penulisan web. Karena berita yang dimuat oleh Detik.com sangatlah mudah di mengerti dan penulisannya tidak begitu panjang dan lead yang digunakan sudah sangat tepat.
·         Functionality: situs web ini sangat mudah di gunakan karena Detik.com juga aktiv di media sosial setiap berita yang di yang dimuat oleh web tersebut selalu melakukan postingan dimedia sosial. Sehingga lebih mudah untuk diakses oleh para penggunakan media sosial.
·         Navigation: untuk menumukan konten yang ada dalam situs ini sangatlah mudah karena webnya telah menyajikan gambaran yang begitu mudah untuk di akses oleh pembacanya dengan cukup satu kali mengklik.
·         Audio/Video Quality: sangat bermamfaat bagi para pembacanya untuk mengetahui secara langsung kondisi dilapangan. Kalau dalam web detik.com video dimuat dalam detik tv.
·         Interactivity: seperti dengan viva news, detik.com juga melakukan interaksi dengan para pembacanya yaitu deti.com telah menyediakan rubic komentar serta rubic Tanya jawab untuk pembacanya. Bagi yang pembaca yang belum puas oleh berita yang telah di sajikan oleh viva news, demi menjalin kedekatan dengan para pembacanya. Detik.com juga menyediakan pembaca untuk bisa berkomentar di media sosial seperti, facebook dan twitter.itulah yang dilakukan oleh Detik.com untuk menjalin komunikasi dengan para pembacanya.
2.      Menurut saya dalam 3 situs web yang saya analisis semuanya hampir sama karena beberapa konten yang disediakan di miliki oleh situs web lain seperti, home, berita, video dan profil serta rubic komentar.
3.      Tentang perbaikan,inovasi dan perkembangan menurut saya sangat penting bagi sebuah situs web jurnalisme online karena sangat penting bagi kemajuan situs tersebut. situs web harus mengikuti seiring kemajuan teknologi yang ada karena demi menarik minat para konsumennya dengan menampilkan yang cukup modern.


0 komentar:

Posting Komentar